Sedap Segarnya Ikan Sembilang, Kuliner Khas Gresik

IMG20170513120800Postang-posting muluk mbak, tumben! Yoi..lagi nganggur nih. wkwkkwk

Hai Mak (biasanya nyapanya gaes skarang mak, hehehe). Liburan ini Aq full nemenin Erik kerja. Dikarenakan gak ada kawan yg mau kuajak travelling, jadilah Aq sok-sok an sebagai istri soleha memberikan support ke suami di Gresik.
Judulnya sih nemenin..tapi sebenernya Aq nemenin dari rumah, doi di proyek kerja. Pulang tetep malem, berangkat tetep pagi. Mungkin dulu romusha jaman Jepang kerjanya kek gini juga kali ye.. Hari libur nasional tetep masuk..hari Minggu masuk..Sabtu apalagi.😕

Masih untung misi istri soleha kali ini disponsorin sama Mbak Ratna, teman kantor yang lebih sering dibully daripada dipuji, ups..hhahaha. Kami dipinjemin rumah. Walau harus nyapu, ngepel, ngosek gapapalah asal grateesss…hahaha.

Well, seperti sebelum2nya tiap Aq ke Gresik, pajak traktiran wajibnya adalah 2:
1. Ikan Sembilang di Manyar
2. Sambelan Sabar Menanti di Giri.

 

Dibanding kulineran2 yang lain, dua itu juwaraaakkk..! Top markotop jos gandos margendos. Wajib fardhu ain pokoknya. Kalo gak mampir ke sini..siap aja kucemberutin terus sampe Surabaya.

Nah..siang tadi Aq ke Warung Sembilang di Manyar. (Alamatnya di Jl. Jembatan Manyar Gresik. Kalo dari arah Gresik kanan jalan..yg rame banyak mobil, sebelum jembatan). Dah sering banget sih kubahas di Instagram dan FB..saking wenaknyaaa.. 😁

IMG20170513120516.jpg

Dari komen2 di IG dan FB Aq pas cerita tentang ikan sembilang, sepertinya banyak yang belum tahu tentang ikan sembilang. Hasil dari googling sih memang ikan ini gak tenar-tenar amat karena ikan ini susah dicari para nelayan. Ikan sembilang bahkan disebut pemalu karena doi akan bersembunyi ketika nelayan datang (yaiyalah..emang ada gitu ikan yang nyodorin diri buat ditangkep..💤). Di google juga disebutkan kalo doi sebenernya juga salah satu ikan beracun yang berbahaya.

images (12)

Secara bentuk penampakan atau struktur tubuh si Sembilang ini mirip dengan ikan lele. Bedanya ia memiliki 3 patil, yakni ada 1 di punggung dan 2 di sirip. Sehingga beberapa orang menyebut ikan sembilang sebagai ikan lele laut.

Selain enak, gizi yang dikandung ikan ini bermanfaat juga karena kaya akan
Protein, Fosfor, dan Asam Lemak Omega 3. Sedangkan nutrisi karbohidrat dan lemak yang rendah sangat cocok untuk program diet. Meski bergizi, ikan agak serem juga dikonsumsi orang hamil. Menurut mitos sih..mitoos..konon memakan ikan ini saat kondisi hamil bisa menghilangkan bayi.😱

Ikan Sembilang Gresik. Sebenernya gak cuman di Manyar sih..di berbagai tempat di Kota Gresiknya pun ada, tapi memang yang terkenal sih di daerah Manyar. Terus kan..sebenernya yang paling terkenal itu Ikan Sembilang Pak Kasan, tempatnya jauh..di tengah2 tambak gitu. Terkenal banget sampe ada di ulasan2 kuliner bahkan sering masuk tipi. Seru kan..cuman ya Aq belum pernah nyobain yang situ. Abisnya jauh trus macet mak. Kapan itu pas niat mau kesana kena macet sejam. Nyerah, puter balik. Ke Warung Ikan Sembilang langganan aja deh.

Nah rasanya gimana sih? secara tekstur ya..berserat tapi empuk. Trus berlemak terutama bagian kulit. Jadi semacem kaya ikan patin gitu. Mungkin lemak2nya itulah yang bikin empuk n sedhepp nya hehehe.

Ikan ini dimasaknya bumbu asam pedas. Penampakan masakannya sih berkuah kuning macam soto. Rempah kunyit dan kaldu ikannya sama2 berasa, trus ditaburi daun bawang merah. Duh, segeerr dan sedepnya itu loh..saling berpadu mesra macam penganten baru. Rasa asem pedasnyaa..juwarak!

IMG20170513120909
Kalau mau nambah pedes sih biasanya ada sambel di meja..atau ada cabe rawit yang direbus “kemampul” di kuah. Trust me..tanpa tambah sambel n cabe pun dah cukup pedas.
Nah, udah ngomongin makanan utama, kita bahas pendampingnya nih. Apa minuman n pendamping yg cocok buat ikan sembilang? Kalo Aq sih apapun makanannya minunanya tetep teh botol sos*o. Kalo Erik sih slalu ambil kerupuk ikan..biar ada hiburan selingannya gtu..abis slluurpp nyruput kuah..trus krias kriuk makan krupuk wkwkwk

Soal harga, menimbang bahwa semua harga makanan di Gresik memang relatif mahal dibanding Surabaya..ya Ikan Sembilang ini lumayan lah.. Lumayan mahal! hahahahha😅. Kalo boleh jujur sih harganya gak jelas, kadang-kadang. Gak ada nota juga. Biasanya kami pesan 1 porsi+teh botol+kerupuk habis 56an rbu, kemarin habis 43ribu. 1 porsi ya gaaeess..eh mak ding..penghematan.

IMG20170513121633
Mengesampingkan mahalnya harga yg harus dibayar, ciyus ini kuliner selalu sukses bikin Aq jadi mendadak alim dan bahagia loh.
Iya alim..sepanjang makan menyebut “Ya Allah ini enak bangeet…enak banget ya Allah..”.
Dan langsung bahagia..damai menjalari seluruh tubuh #lebay .

Saking bahagianya habis makan Sembilang, sering kubilang ke Erik “sayang harus bersyukur punya istri Aq, gak perlu beliin tas Hermes, gak perlu bikinin candi, cukup beliin Aq ikan sembilang, dah bahagia” hahahaha

Okaayy..sekian dulu ya review kuliner Gresik dariku. Selanjutnya akan ada review2 kulineran lainnya. Semoga gak dianggep pamer yah, hiks..apalah Aq, kalo yang dipamerin cuma remah2 macem gini mah gak keren. Ini sebagai referensi kali aja ada yg butuh. Yah berkaca ke Aq yang kalo ke daerah baru, daripada coba2 bonda-bandi asal mampir, sering mengandalkan review kuliner dari internet. Selain buat catatan sih entah berapa tahun lagiiiii…mungkin Aq dah gak di Surabaya dan Gresik lagi, bisa keinget bagaimana berselera nya kuliner di situ.

Salam tetap makan enak asal jangan banyak2👍😉
.
-Yuca-

postingan ini juga kuterbitkan di blog emak2 temen SMA ku 😘
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: