Perjuangan (menjadi) Ibu (part-2)

Hai, menyambung tulisanku sebelumnya, tulisanku kali ini masih akan berhubungan dengan perjuangan menjadi seorang Ibu. Bagi orang yang promil (program hamil, bukan program militer) apalagi promil dalam waktu yang lama, biasanya sudah melakukan beberapa usaha untuk promilnya tersebut.

Kenapa kali ini pengen nulis ini, karena hampir setiap orang pas setiap nanya tentang “sudah isi apa belum?” pasti dibuntuti dengan “sudah berapa lama nikah, dan sudah usaha apa aja?“. Menjelaskan apa aja usahaku, bukan buat pamer ya, tapi lebih ke buat referensi. Sekaligus untuk pengingat saat Aq sudah berhasil nanti (aamiin..). Jadi Aq bisa cerita ke anakku bagaimana kami memperjuangkannya.

Here we go..

Program hamil dengan medis, Yess, penjelasannya seperti di postinganku sebelumnya ya.

Terapi pijat, Kebanyakan orang “tua” menyarankan pijat ke tukang pijat yang kondang dalam menangani isu bikin anak. Sudah kucoba mulai dari pijat mbok2, mbak2, sampe pijat refleksi untuk kesuburan yang sudah berkali-kali banget, bahkan sampe ke terapis fisiologis yang nanganin atlet.

Namun ternyata setelah Aq ke dokter kandunganku yang terakhir ini, beliau menjelaskan dan mewanti-wanti bahwa jangan sekali-kali pijat perut, bahaya! Lhah sudah terlanjur, yasudahlah.

Accupressure. Sekitar sebulan-dua bulan lalu Aq dan Erik mencoba berobat alternatif di Sinshe Tionghoa gitu di Blitar. Berawal dari sharing tetanggaku yang konon berhasil mempunyai momongan setelah terapi ke situ.

Pengobatannya dimulai dengan observasi yang dengan cara lihat kuping..kemudian menekan titik-titik syaraf di kuping tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan entah observasi atau sudah ke pengobatan ya, dengan tenaga dalam. Jadi saya tiduran dan si sinshe tangannya di atas saya sekitar 50cm ngambang gitu. Walaupun gak nyentuh langsung melainkan ada jarak 50an cm, tapi berasa anget. Nah terakhir sinshe nya mijat bagian punggung bawah. Berobat di sini gak sakit sih, habis dipijat enak banget, trus malemnya tidur lasti pules. Relaks kali ya..

Akupuntur. Heii..tahukah kamu bahwa ini adalah prestasi terbesarku? Yak, dari SD paling takut sama jarum,dan metode2 medis yang “menyakitkan”. Dari jaman SD setiap akan imunisasi selalu drama. Bahkan Aq gak ngerti golongan darahku smpe pas Aq kerja saking takutnya ditusuk pas periksa darah. Trus, tiap tahun medical check up rutin di kantor, tetap drama jejeritan laah, seruangan pasti heboh. Yah, seringnya sih pas medical check up berakhir dengan nangis saking ketakutannya.

Aiguilles_d_acupuncture_en_eventail.dsc02258.cropped+contrast

So, pas ditusuk jarum akupunktur dah gak takut? siapa bilang..hahaha tetep lah heboh jerit-jerit hahaha. Tapi pertemuan kedua udah agak tenang sih, jerit-jerit nya dengan tenang hahaha.

Di terapi ini tujuannya menyeimbangkan hormon2 dan aliran chi dalam tubuh. Bagian yang ditusuk adalah syaraf2 yang berhubungan dnegan reproduksi dan organ2 yg berhubungan. Ada sekitar 10-12an jarum yang ditusukkan. Di kaki, perut, sama tangan.

Herbal, Obat2an herbal yang diaarankan orang dan artikel2 tak luput dari porcobaan kami. Kalo boleh disebutkan contohnya kurma. Mulai dari kurma mentah, kurma muda, baby kurma, bubuk kurma sudah semua. Bahkan sampe Aq makan biji2an makanan merpati di Arab sono saking konon berkhasiat. Herbal paling populer Habbatussauda pastinya udah pernah kami coba. Madu mulai dari madu biasa sampe madu yang punya judul Madu Penyubur sudah. Dan pernah juga Aq minum Kapsul Whulandari yang konon berkat pengalaman pribadi Martha Tilaar yang sudah 11 tahun berumah tangga dan berobat keliling dunia belum berhasil juga, sampe akhirnya dirawat enenknya dengan resep tradisional keraton, dan taraa berhasil. Aq coba minum kapsul atau tablet atau pil (lupa bentuknya) yang cukup langka itu. Ternyata hasilnya malah deg2an, kuhentikan lah daripada kenapa-napa.

Makanan yang konon bisa membantu kesuburan Toge atau kecambah? ahahhaaha dah tiap hari, tiap pagi Aq dah konsumsi toge mentah dan mateng. Yak literally tiap hari, dan toge doang ya.bukan sayuran dengan hiasan toge hehehe. Dan itu dah kujalani tiap hari selama 10 bulan ini (kecuali puasa) buat sarapan.

Konsumsi jus buah kundur juga pernah, jus 3 diva, buah2an merah. Check! Uwis kabeh

Diet pedas. Iyee..udah.. Begitu tahu bahwa Aq belum punya baby, biasanya orang yang kukenal, dengan sangat yakinnya bilang: “kurangin tuh pedesnyaa..!”. Memang sebelumnya Aq penggila pedas. Sukak bangettt, sampe rasanya gak doyan makan kalo gak pedes. Tetep kurturutin saran itu, tingkat kepedesanku berkurang drastis. Sekarang Aq masih doyan pedes sih, tapi normal. Seriously takaran normal. Gak nambah2 macem dulu.

Olahraga. Aq ikut kelas yoga, trus berusaha olahraga rutin setiap minggunya. Selain senam ringan yang diajarkan sinshe. Walau kadang olahraganya kadang2an yah..anget2 kukunya ayam. Tapi dah jauh lebih mending daripada enggak sama sekali.

Oiya walaupun yang kutulis ini macemnya banyak (aslinya lebih banyak, cuman Aq pelupa) bukan berarti Aq coba-coba. Namanya terapi moms..itu proses, promil itu program. Jadi pas Aq bilang misal minum jus buah kundur, itu bukan berarti  sekali coba minum, trus bilang “Horee..Aq udah pernah!”, melainkan tiap hari, buahnya nyetok di kulkas tiap hari ngejus. Minum habatussauda ntah berapa bulan lamanya sampe kalo sendawa berasa nafas baunya habbat wkwkwk. Makan toge seperti yang kutulis, tiap hari, hampir setahun ini 10 bulan to be exact. Sampe-sampe temen2 kantor kalo lihat Aq lagi sarapan di pantry mereka gak perlu nanya, cuman bilang aja “pasti pecel lagi, kok gak bosen sih!?”

Okay sekian dulu tulisanku yaak..walaupun dalam keadaan kekenyangan habis makan lontong tahu Blora, dan dengan internet yang galau, tetap kuselesaikan tulisan ini karna #yucarajinnulis.

18772641025_4aaa8e6735

Karna kalo nulis dalam keadaan syantiik..sambil ngopi2 asik itu gamoang. Yang menantang adalah menulis disempetkan dalam berbagai keadaan.

See you on next post

-Yuca-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s