Obat yang Bikin Auw Banget (Obat Pasca Inseminasi)

Fiuh, finally publish juga postingan ini. Butuh waktu lebih dari seminggu loh buat Aq nulis ini. Sumpah masih kebawa banget, drama banget setiap hari minum eh konsumsi obat yang dikasih dokter untuk pasca inseminasi. Menulis ini pun agak malu malu gimana gitu, tapi yasudahlah, kembali ke niatku supaya jika ada orang yang seperti Aq, suka cari tau, berharap dia bisa terbantu dengan tulisanku.

So, buat kalian yang tipikal orang gampang parno, jijik, serem2 ngilu gimana gitu kalo baca tulisan terlalu vulgar. Please..cukupkan sampai di sini saja yaa.. Karena tulisanku kali ini bakal bikin ngilu. Gak ada maksud sok jorok sok gak punya malu, ini semua dengan kacamata medis.. so, jangan ngeres. 😏

Seperti kusebutkan di tulisanku sebelumnya. Setelah inseminasi dokter meresepkan 2 macam obat. Yakni Pregnacare sebagai suplemen, dan Utrogestan.

Mulai googling nih tentang kedua obat itu. Kebiasaan sih, diresepin apaaaa aja harus Aq googling dulu. Biar dapat informasi yang detail indikasi, kontraindikasi, dan efek sampingnya.

Tentang obat pertama, Pregnacare, Aq cari cari dari web resminya. Menurut web itu, Pregnacare (sepertinya memang) adalah suplemen prenatal yang paling populer di UK untuk menjaga pola makan mereka yang berencana untuk hamil atau sudah hamil. Suplemen ini terdiri dari 19 vitamin dan mineral penting, diantaranya asam folat 400mcg dan 10mcg vitamin D. Nah kenapa jadi populer banget, bukannya banyak ya suplemen asam folat? konon kata web nya sih karena kadar vitamin mineralnya takarannya tepat seperti yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan Inggris alias dalam tingkat yang aman untuk kehamilan, moderat, gak berlebihan.

Departemen Kesehatan Inggris menganjurkan wanita yang merencanakan bayi harus mengkonsumsi 400mcg suplemen yang mengandung asam folat sejak saat berencana untuk hamil sampai minggu ke-12 kehamilan. Selain mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang, asam folat juga bermanfaat memberi kontribusi untuk pertumbuhan jaringan ibu selama kehamilan. Sedangkan vitamin B2, B6 dan B12 berkontribusi untuk pembentukan sel darah merah normal dan juga memiliki peran dalam proses pembelahan sel.

Nah khusus penggunaan untuk sebelum konsepsi (promil), Pregnacare dianjurkan sebelum konsepsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada wanita yang lagi promil. Nutrisi yang baik adalah penting untuk membantu mempersiapkan tubuh wanita selama kehamilan. Selain nutrisi seperti asam folat dan vitamin B12 yang disebutkan di atas, seng/zinc juga penting khususnya sejak pertama konsepsi karena berkontribusi untuk kesuburan dan reproduksi.

Nah, Aq dikasi pregnacare 9 kapsul, diminum sekali sehari. Biar gak lupa minumnya tiap sarapan. Pas Aq edit tulisan ni untuk di publish.. obatnya dah abis, hehehhe

Here we go, kita lanjut ke obat selanjutnya.

Yak, obat yang bikin serem tiap malem ini adalah Utrogestan. Utrogestan adalah salah satu obat bermerek yang mengandung progesterone termikronisasi. Obat ini sering digunakan sebagai obat penguat kandungan dan masalah menstruasi seperti amenore (tidak haid), gangguan premenstruasi, pendarahan, dan terapi gejala menopause.

images (25)

Progesterone sendiri merupakan hormon alami pada tubuh wanita yang terkait dengan menstuasi dan kehamilan. Secara umum fungsi hormon progesteron pada uterus dan ovarium adalah: pelepasan oosit matang, fasilitasi implantasi, dan pemeliharaan kehamilan, dengan cara meningkatkan pertumbuhan rahim dan meminimalkan kontraktilitas miometrium (otot rahim) sehingga tidak gampang berkontraksi.

Berbicara mengenai kontraindikasinya, tidak semua wanita bisa menggunakan obat ini. Utrogestan tidak boleh digunakan pada wanita dengan kondisi:
1. Memiliki riwayat kanker payudara atau diduga sedang mengalaminya.
2. Dicurigai memiliki tumor ganas estrogen-dependent.
3. Perdarahan jalan lahir yang tak jelas penyebabnya.
4. Tromboflebitis.Gangguan trombosis atau tromboemboli (misalnya: trombosis vena dalam atau DVT, emboli paru).
5. Penyakit hati akut, atau riwayat penyakit hati.
6. Memiliki hipersensitivitas atau alergi terhadap zat aktif atau salah satu eksipien yang terkandung dalam obat.Porphyria.

Kalo dari deskripsinya macam gak ada serem2nya kan. Nah ini nih yang serem. Jadiii..penggunaan Utrogestan ini bisa dengan 2 cara, yakni oral alias diminum, dan vaginal alias melalui jalan vagina..yak..dimasukkan! Daaan..dokter obgyn ku nyuruhnya Aq konsumsi nya vaginal dooong..😣

Pada penggunaan dengan cara vaginal, Utrogestan digunakan untuk :
1. membantu kehamilan, khususnya : Dalam kasus persalinan prematur, Selama siklus Fertilisasi in vitro (IVF) atau bayi tabung.
2. Sebagai alternatif penggunaan oral untuk menghindari efek samping mengantuk dan pusing.
3. Sebagai alternatif penggunaan oral untuk kasus kontra-indikasi oral karena memiliki penyakit hati berat.

Pemberian melalui oral memang beresiko efek samping, diantaranya mengantuk yang mungkin terjadi 1 sampai 3 jam setelah asupan. (Aq walaupun melalui vaginal tetep ngantuk sih..😅soalnya masukinnya tiap malem sebelum tidur.)
Selain itu ketidakteraturan menstruasi, gangguan menstruasi, perdarahan menstruasi. Efek tersebut umumnya terjadi akibat kelebihan dosis. Dalam kasus ini maka yang harus dilakukan adalah: Mengurangi dosis per asupan,Perubahan interval antar asupan dan pengubahan penggunaan oral menjadi vaginal. Nah loo..ya kan vaginal lebih aman.

Kenapa sih harus vaginal? Emang harus banget banget banget gitu? Yah kan tadi dah kubilang coz my doctor said to. Cemana lagi kalo dah dibilang “obat Utrogestan masukinnya lewat vagina ya” 😑
Taraa ..mimpi buruk selama 15 hari dimulai.

Tapi eh tapi..ternyata ya..pemberian obat melalui vagina merupakan cara yang meyakinkan bahwa obat akan memberikan pengaruh langsung sesuai yang diharapkan. Kalo orang bilang sih langsung ke target sasaran gituuh.. Selain itu juga unyuk mengurangi resiko kerusakan hati karna kerja terlalu berat, mencegah perubahan kandungan obat karena bereaksi dengan enzim pencernaan, juga untuk mengurangi resiko mual muntah maupun diare karena efek obat.

Ngomong-ngomong tentang jenis obat yang pemberiannya dapat dilakukan dengan melalui jalan saluran vagina. Ternyata obat – obat yang dimasukkan melalui vagina bisa berupa cream, jelly, busa, suppositoria atau berupa semprotan vagina. Nah Utrogestan sendiri bentuknya suppositoria.

Apa pulak itu suppositoria! Suppositoria adalah suatu bentuk sediaan padat dalam berbagai bobot dan bentuk yang diberikan melalui rektal, vagina, maupun uretra, berbentuk torpedo, dapat melunak, melarut, atau meleleh pada suhu tubuh, dan efek yang ditimbulkan adalah efek sistemik atau lokal. (definisinya ala ala anak kuliahan semester awal banget yak). Cara kerja obat melalui panas tubuh obat akan mencair di vagina sehingga dapat diabsorbsi dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Sehingga dalam penyimpanan sehari – hari obat ini jangan disimpan di tempat panas yak!

download (4)

Gimana masukinnya sih? Hasil gugliiing..obat ini dimasukkan dengan menggunakan jari tangan yang sudah memakai sarung tangan steril . Dan setelahnya pasien dianjurkan untuk berbaring selama kurang lebih 10-15 menit. Mau gak mau beli deh sarung tangan steril. Daripada infeksi kan yak. Oiya selain memang sarung tangannya beli udah tertutup..Aq biasanya semprot dengan sanitizer gitu trus dikeringin, biar makin steril. Trus biar hemat..sarung tangan dipake 1 tangan doang, secara yg masukin juga 1 tangan doang kan.

download (5)

Rasanya gimana sih? ya gak enak lah..! sumpah deh.. tapi yasudahlah.. demi.. namanya juga bagian dari usaha. Oiya sepertinya memang obat ini meninggalkan residu atau apalah, jadi ada putih2 cairan tubuh bercampur obat gtu. Seringnya putih2 itu nempel di CD maupun pas pipis.

Saat ini tinggal 6 kapsul lunak Utrogestan tersisa. Yeaayy..semoga minggu depan saat obat ini habis Aq sudah dalam kondisi positif hamil, aamiin. Kalo hamilnya ternyata harus bulan depan ya gapapa..dicoba lagi. Srmangaatt đŸ’Ș

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s